Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kalimantan Timur Bahas Penanggulangan Karhutla

Posted by : agendaka March 20, 2024

agendakaltimnews.com – DPRD Provinsi Kalimantan Timur menggelar Rapat Paripurna Ke-5 dengan fokus pada agenda utama, yakni Penyampaian Pandangan Umum Fraksi DPRD Kaltim terhadap Ranperda Tentang Penanggulangan Karhutla serta Penyampaian Pendapat Gubernur terhadap Ranperda Inisiatif DPRD Kaltim.

Rapat yang berlangsung di Gedung Utama DPRD Kaltim dipimpin oleh Ketua DPRD Kaltim, Hasanuddin Mas’ud, didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun, Seno Aji, dan Sigit Wibowo, serta Sekretaris DPRD Kaltim Norhayati US. Kehadiran Penjabat Gubernur Kaltim diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Ririn Sari Dewi.

Dalam rapat tersebut, masing-masing fraksi di DPRD Kaltim diwakili oleh juru bicara mereka. Veridiana Huraq Wang dari Fraksi PDIP menyampaikan pandangan bahwa fraksi tersebut sejalan dengan pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk segera menyusun Peraturan Daerah Provinsi mengenai Sistem Penanggulangan Kebakaran Hutan Dan Lahan. Mereka juga menekankan pentingnya optimalisasi tugas dan fungsi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi sebagai koordinator dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Fraksi PDIP juga mendorong agar pembahasan Ranperda Provinsi Kalimantan Timur Tentang Sistem Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan dapat dilakukan secara lebih maksimal melalui pembentukan panitia khusus.

Rapat Paripurna ini menjadi momentum penting dalam upaya bersama mengatasi permasalahan serius yang terkait dengan karhutla di Kalimantan Timur. Diharapkan, melalui kerja sama antara DPRD dan pemerintah Provinsi, langkah-langkah konkret dapat segera diambil untuk melindungi lingkungan dan masyarakat dari dampak buruk kebakaran hutan dan lahan.(adv)

RELATED POSTS
FOLLOW US