Wakil Ketua DPRD Kaltim Ajak Generasi Milenial Manfaatkan Potensi Sektor Pertanian

Posted by : mira October 28, 2023

agendakaltimnews.com – Muhammad Samsun, Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), mengakui bahwa sektor pertanian di Kaltim memiliki potensi yang sangat besar. Ia mendorong kaum milenial untuk mempertimbangkan peluang di sektor pertanian dan menjadi wirausahawan di bidang ini.

Menurut Samsun, berwirausaha di sektor pertanian dapat memberikan penghasilan yang lebih besar dan tidak terbatas, dibandingkan dengan bekerja di perusahaan dengan gaji bulanan yang terbatas, seperti tiga sampai lima juta rupiah.

Dia melihat sektor pertanian sebagai peluang yang menjanjikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama ketika negara-negara lain menghadapi krisis pangan.

Samsun juga menekankan bahwa potensi penghasilan di sektor pertanian sangat bergantung pada jenis produk yang dihasilkan dan penyesuaian dengan kebutuhan pasar yang besar. Ia menyatakan bahwa Indonesia masih mengimpor banyak produk pertanian dari luar daerah, padahal seharusnya kita dapat memproduksi sendiri.

Untuk mengembangkan sektor pertanian, Samsun menyoroti pentingnya jaminan dan perlindungan terhadap hasil pertanian, serta peningkatan kualitas produk dan promosi yang efektif.

Dia juga mencatat bahwa salah satu komoditas dengan potensi besar di Kaltim adalah kopi. Menurutnya, konsumsi kopi di Kaltim tinggi, sementara pengolahan kopi masih kurang optimal. Ini menciptakan peluang pasar yang besar.

Samsun mendorong para petani kopi yang telah mengikuti pelatihan pengelolaan kopi di Kaltim untuk terus meningkatkan kualitas produk mereka, baik dari segi rasa maupun kemasan. Dengan meningkatkan kualitas, petani kopi dapat bersaing di pasar yang besar.

Berdasarkan data statistik tahun 2020, luas area tanaman kopi di Kaltim mencapai 1.957 hektar dengan produksi sebanyak 262 ton. Komoditas kopi telah menjadi usaha yang dikelola oleh masyarakat pedesaan di seluruh Kaltim, dan Samsun melihat potensi besar dalam pengembangan komoditas ini.

Areal tanaman kopi tersebar di berbagai wilayah pedesaan di berbagai kabupaten di Kaltim. Namun, perluasan areal tanaman kopi masih dilakukan dalam skala kecil, sehingga pertumbuhannya terbatas. Samsun berharap petani kopi akan dapat memanfaatkan peluang yang ada di sektor pertanian ini.(adv)

RELATED POSTS
FOLLOW US